Senin, 24 Februari 2020

GPN Solusi Sistem Pembayaran


Saat ini sudah beredar kartu atm berlogogo GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional, ada banyak keuntungan dari kartu belogo GPN salah satunya terkait dengan biaya transaksi yang jauh lebih rendah dan keamanan kartu yang lebih aman tidak hanya itu, masih banyak keuntungan lainnya.

Dalam rangka meningkatkan kemanan dan kenyamanan dalam bertransaksi Bank Indonesia mengeluarkan standart kartu debit berteknologi chip. Teknologi chip bertujuan untuk meningkatkan keamanan transaksi kartu debit dari resiko pencurian data nasabah dan transaksi atau biasa dikenal dengan Skinning.Sejak diluncurkan 2017 lalu Bank Indonesia selalu mendorong para nasabah perbankan untuk segera bermigrasi ke kartu berlogo GPN. Meskipun sudah diumumkan sejak 2018 , namun nyatanya tidak semua masyarakat paham manfaat dari penerapan GPN ini.

GPN merupakan sistem yang mengitegrasikan berbagai chanel pembayaran, dengan penerapan GPN maka sistem pembayaran yang saat ini ada  akan menjadi lebih murah dan menjangkau semua lapisan masyarakat. Salah satu bank yang bersemangat mensosialisaikan GPN adalah bank BRI.  Bank Rakyat Indonesia ini menerapkan GPN ini sejak April 2018 lalu. Ragam manfaat pun telah diperoleh, mulai dari meningkatnya volume transaksi hingga efisiensi sistem pembayaran. Bagi nasabah BRI-pun akan memperoleh manfaat yang luar biasa. Mulai dari kemudahan bertransaksi ke semua jaringan bank hingga ragam sistem layanan pembayaran.  Dalam penerapan GPN, BRI telah keluarkan kartu debit BRI private lable berchip berlogo GPN. Kartu GPN dilengkapi teknologi chip berstandar NSICCS yang berfungsi sebagai alat transaksi finansial dan non-finansial di canel BRI agar transaksi nasabah lebih aman. Hingga kini beberapa kartu yang mendukung GPN diantaranya BRItama Junio, BRItamaX dan layanan SIMPEDES.

Sebenarnta tidak ada yang berbeda saat bertansaksi menggunakan kartu chip berlogo GPN, sama bertransaksi di ATM pada umumnya. Sedangkan untuk bertransaksi do took melalui EDC tidak perlu lagi di swipe atau di gesek tapi hanya perlu melakukan deep , atau memaskan kartu pada slot EDC.

Semua nasabah diharuskan mempunyai kartu berlogo GPN ini, namun saat ini hal ini belum diwajibkan. Tetapi mulai pada tanggal 1 Januari 2022 nanti seluruh nasabah di tiap bank minimal harus memiliki kartu berlogo GPN. Tetapi tidak menutup kemungkinan nasabah tidak meninggalkan karti debit berlogo Visa atau mastercard untuk bertransaksi di luar negeri.

Berikut adalah keuntungan dan kerugian adanya kartu atm berlogo GPN:
Keuntungan:
1.      Dapat digunakan untuk transaks di dalam negeri
2.      Dapat digunakan untuk transaksi ATM dan EDC bank lain
3.      Nasabah hemat biaya administrasi sekitar Rp.1000 per bulan
4.      Biaya transaksi kartu di mesin ATM/EDC antar bank hanya 1% dari sebelumnya 2-3%
5.      Kartu sudah menggunakan teknologi chip (NSICCS) yang lebih aman
6.      Bank tidak perlu membayar jasa ke perusahaan switching asing
7.      Biaya switching lebih murah bagi bank

Kerugian:
1.      Biaya transaksi kartu di mesin ATM/EDC bank yang sama menjadi 0,15%
2.      Tidak isa digunakan untuk transaksi di luar negeri
3.      Nasabah harus membuat kartu beru ke bank
4.      Bank tetap membayar jasa ke perusahaan switching asing untuk transaksi ke luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar